cara-mudah-mengatasi-plugged-in-not-charging-di-windows-7

Cara Mudah Mengatasi Plugged In Not Charging di Windows 7

Posted on

Bagi Anda yang sering beraktivitas menggunakan Laptop, mengisi daya baterai menggunakan charger merupakan tindakan yang mungkin sering dilakukan. Namun, pernahkah Anda mendapatkan notifikasi Plugged In Not Charging yang menyebabkan tidak dapat melakukan pengisian daya baterai Laptop.

Umumnya, masalah ini sering ditemui pada Laptop yang memiliki usia yang cukup tua. Hal ini disebabkan oleh kandungan baterai berupa Lithium mengalami penurunan kapasitas akibat pemakaian yang cukup lama. Di bawah ini cara mudah mengatasi Plugged in Not Charging di Windows 7.

Tujuh Cara Mengatasi Plugged In Not Charging

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan terjadinya masalah Plugged In Not Charging di Windows 7. Salah satunya yaitu masalah yang disebabkan oleh sambungan atau port charger. Dalam mengatasi masalah ini, tersedia banyak cara yang bisa dilakukan sebelum mengganti baterai Laptop.

Berikut ini cara – cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi masalah Plugged In Not Charging pada Laptop.

1. Periksa Sambungan Charger dengan Laptop

Periksa-Sambungan-Charger-dengan-Laptop

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa sambungan charger baterai dengan Laptop. Hal ini berguna untuk memastikan apakah sambungan kabel charger terhubung dengan baik. Selain itu, pastikan juga adapter charger sudah terpasang pada kabel secara sempurna.

Periksa juga kabel Jack yang terhubung ke Laptop. Jika kabel sudah terhubung dengan baik, maka otomatis Laptop akan mendeteksi sambungan tersebut. Tentunya notifikasi yang dimunculkan berupa status “plugged in” pada bagian bawah ikon baterai.

2. Diamkan Adaptor

Diamkan-Adaptor

Mungkin Anda sering merasakan adapter charger Laptop yang sangat panas. Hal ini disebabkan oleh proses pengisian Laptop yang memakan waktu cukup lama. Jika terjadi masalah seperti itu, maka Anda bisa mencabutnya terlebih dahulu untuk di diam kan sementara waktu selama 1 jam.

Adaptor yang mengalami overheat atau kepanasan bisa menyebabkan kerusakan secara permanen pada charger tersebut. Selain itu, masalah overheat juga bisa menjalar ke bagian baterai Laptop. Cara menghindarinya adalah dengan mencabut sambungan kabel adaptor dari penyedia sumber listrik.

3. Periksa Konektor, Tegangan, dan Arus pada Charger

Periksa-Konektor-Tegangan-dan-Arus-pada-Charger-scaled

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek bagian pada konektor dan tegangan arus charger Laptop. Pastikan semua ini kompatibel dengan ukuran kapasitas daya baterai Laptop yang Anda miliki. Selain itu, tegangan yang dihasilkan dari setiap charger memiliki arus yang berbeda.

Hal ini dikarenakan spesifikasi dari masing – masing charger sudah disesuaikan dengan kemampuan arus yang bisa diterima oleh baterai Laptop. Tentunya ini membuat Anda harus lebih memperhatikan tegangan tegangan listrik yang ada di rumah.

4. Ganti Charger

Ganti-Charger

Alternatif selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi Plugged in Not Charging di Windows 7 adalah mengganti kabel Charger. Cara ini bisa Anda lakukan dengan meminjamnya terlebih dahulu melalui teman atau tetangga yang memiliki jenis Laptop atau model charger yang sama.

Jika charger tersebut terdeteksi oleh Laptop Anda, maka masalah ini terjadi disebabkan oleh charger yang rusak. Anda bisa melakukan pergantian charger Laptop yang rusak dengan charger baru. Tentunya harga charger jauh lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pergantian baterai Laptop baru.

5. Cek Kondisi Baterai

Cek-Kondisi-Baterai

Cara ini bisa Anda lakukan dengan melepaskan baterai yang terpasang pada Laptop dan kemudian mendiamkannya terlebuh dahulu selama beberapa jam. Setelah itu, lakukan pemasangan baterai kembali. Jika indikator lampu baterai menyala, maka Anda tidak perlu mengganti baterai tersebut.

6. Uninstall Driver API Baterai Pada Windows

Uninstall-Driver-API-Baterai-Pada-Windows

Cara mudah mengatasi Plugged In Not Charging di Windows 7 selanjutnya adalah dengan memperbaiki software driver yang ada pada baterai Laptop. Hal ini dikarenakan driver baterai pada Windows lebih rentan untuk terkena virus ataupun mengalami corrupt pada bagian software.

Berikut ini cara – cara untuk proses Uninstall Driver API Baterai Pada Windows.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepaskan sambungan charger Laptop dari sumber daya listrik.
  • Selanjutnya, matikan Laptop dan cabut baterai.
  • Pasang kembali sambungan charger dan hidup kan Laptop dalam keadaan tanpa baterai.
  • Setelah Laptop menyala, masuk ke Menu Device Manager dengan cara klik Start, lalu pilih opsi Computer, dan klik Properties. Kemudian klik Jendela System Properties dan pilih Device Manager.
  • Pada bagian Device Manager, pilih opsi Batteries, lalu masuk ke Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery dan klik Uninstall.
  • Setelah itu, matikan Laptop untuk menyimpan proses pengaturan yang sebelumnya dilakukan.
  • Jika sudah mati, pasang kembali baterai dan hidup kan Laptop.
  • Selanjutnya, masuk kembali ke Menu Device Manager dan pilih kategori Batteries, lalu lakukan pemindaian baterai dengan memilih “Scan for Hardware Changes”.
  • Tunggu hingga proses pemasangan driver baterai selesai.
  • Jika sudah selesai, lakukan restart dan coba lakukan pengisian daya baterai menggunakan charger Laptop.

7. Gunakan System Restore

Uninstall-Driver-API-Baterai-Pada-Windows

Selain cara di atas, proses system restore juga bisa menjadi alternatif Anda untuk mengatasi Plugged In Not Charging di Windows 7. Cara ini juga tergolong sangat ampuh dalam mengatasi baterai yang mengalami masalah pada bagian software.

Berikut ini langkah – langkah dalam melakukan system restore pada Windows 7.

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih Start pada Windows.
  • Kemudian, ketikan “System Restore” pada kolom pencarian.
  • Setelah itu, pilih “Restore Recomended File System
  • Tunggu hingga proses pemulihan sistem selesai.
  • Jika sudah selesai, maka otomatis laptop akan melakukan proses restart dengan sendiri.
  • Langkah terakhir, lakukan sambungan kembali antara Laptop pada charger. Jika proses pengisian dapat dilakukan, maka Laptop Anda sudah kembali normal.

Jika semua cara di atas belum bisa memperbaiki baterai Laptop Anda, maka cara yang paling tepat adalah dengan membawanya ke tempat service profesional. Cara ini dilakukan agar para teknisi ahli bisa melakukan proses pengecekan secara detail dan menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya.

Namun, apabila Anda ingin melakukan pergantian baterai baru, maka proses ini dapat dilakukan dengan mudah. Cukup lepaskan baterai dalam keadaan Laptop mati dan kemudian pasang baterai baru yang sesuai dengan model Laptop Anda. Selanjutnya, tinggal nyalakan kembali Laptop seperti biasanya.