Printer menjadi salah satu perangkat penting dan utama untuk bisa menyelesaikan tugas. Jika printer mengalami suatu masalah, bisa-bisa semua pekerjaan akan tertunda. Printer yang sering mengalami masalah adalah tipe Canon IP2770 dengan Error 5B00.

 

Masalah error tersebut menjadi masalah yang sangat umum dan sering terjadi. Tapi banyak juga orang yang belum tahu bagaimana cara mengatasi kesalahan tersebut. Sebenarnya Anda sendiri bisa mengatasi error 5B00 Printer Canon IP2770.

 

Cara Mengatasi Error 5B00 Canon IP2770

 

1. Reset Printer

Sebenarnya Canon sudah menyediakan cara mengatasi error 5B00 Printer Canon IP2770 tersebut. Canon menyiapkan aplikasi Service Tool atau disebut juga dengan perangkat lunak Resetter. Secara umum ada dua versi aplikasi resetter ini yaitu versi v1074 dan v3400.

 

  • Untuk cara mengatasi error 5B00 Printer Canon IP2770 yang pertama bisa dengan melakukan flash mode BIOS pada printer tersebut. Sebelum memulai proses flashing printer, Anda harus memasukkan printer ke dalam mode service. Tujuannya agar proses bisa berjalan sempurna tanpa masalah.
  • Cara masuk ke mode service adalah dengan memasukkan kabel power ke dalam sumber listrik. Tapi jangan menyalakan printer karena tujuan dari memasukkan kabel power ini adalah hanya mengaliri printer dengan listrik.Cara-masuk-ke-mode-service-adalah-dengan-memasukkan-kabel-power-ke-dalam-sumber-listrik
  • Tahapan selanjutnya adalah tekan dan tahan tombol “Resume” selama dua detik bersamaan dengan menekan tombol “Power”. Tekan sampai lampu indikator yang berada pada printer menyala dengan warna hijau.Tahapan-selanjutnya-adalah-tekan-dan-tahan-tombol-Resume-selama-dua-detik-bersamaan-dengan-menekan-tombol-“Power”.-Tekan-sampai-lampu-indikator-yang-berada-pada-printer-menyala-dengan-warna-hijau
  • Jika lampu sudah menyala, lepas tombol “Resume” tapi untuk tombol “Power” jangan dilepas, tetap tahan.
  • Lalu tekan kembali tombol “Resume” sebanyak lima kali per tekanan dilepas sambil tetap menekan tombol “Power”. Jika sudah ditekan, lepas kedua tombol tersebut dan pada saat itu juga pastikan lampu indikator menyala hijau dan berkedip-kedip.Lalu tekan kembali tombol “Resume” sebanyak lima kali per tekanan dilepas
  • Jika Anda sudah melalui tahapan ini, tanda bahwa proses berhasil adalah PC atau laptop mendeteksi sebuah perangkat yang baru. Tapi itu bukan masalah karena justru itu tanda proses masuk ke mode servis sudah berhasil.

 

2. Cara Reset Dengan Service Tools v1074

  • Setelah proses masuk ke mode servis berhasil, tahapan selanjutnya adalah mereset kembali untuk mengatasi error 5B00 Printer Canon IP2770. Caranya siapkan kertas yang bisa dimasukkan ke dalam printer. Kertas ini akan digunakan selama proses reset printer nanti.
  • Kemudian bukalah aplikasi Service Tool yang sudah disediakan oleh Canon, bisa mencoba semua versi.Kemudian-bukalah-aplikasi-Service-Tool-yang-sudah-disediakan-oleh-Canon-bisa-mencoba-semua-versi
  • Lalu klik tombol yang bertuliskan “Main”, saat itu juga printer akan memproses pencetakan dokumen dengan tulisan D=000*0.
  • Setelah tahapan tersebut, klik tombol “EEPROM Clear” dan selanjutnya klik juga tombol dengan tulisan “EEPROM” saja dibagian paling atas. Setelah melakukan kedua tahap itu, printer Canon Anda akan secara otomatis bekerja mencetak kertas.Setelah-tahapan-tersebut-klik-tombol-EEPROM-Clear
  • Ketika sudah sampai pada proses ini, pastikan bahwa printer mencetak kertas dengan tulisan TPAGE(TTL=00000). Tulisan ini menjadi pertanda bahwa proses reset printer sudah berhasil.

Tapi jika printer tidak mengeluarkan tulisan tersebut, cobalah mengulang dari proses pertama atau menggunakan Service Tools versi yang lainnya.

 

 

3. Cara Reset Dengan Service Tools v3400

  • Secara umum, tahapan jika Anda ingin mereset printer dengan menggunakan Service Tools v3400 sama seperti untuk Service Tools v1074.
  • Tahap awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan tombol “Main” yang ada di dalam aplikasi Service v3400. Pastikan juga printer Canon IP2770 mencetak kertas dengan bertuliskan D=000*0.Tahap-awal-yang-harus-Anda-lakukan-adalah-dengan-menekan-tombol-Main-yang-ada-di-dalam-aplikasi-Service-v3400.-Pastikan-juga-printer-Canon-IP2770-mencetak-kertas-dengan-bertuliskan-D0000
  • Kemudian tahap selanjutnya adalah perhatikan pada tulisan “clear ink counter (Absorber). Lihatkan dibagian kanan tulisan tersebut lalu pilih yang bertuliskan “Main” dan klik kolom “Set” disamping paling kanan.Kemudian-tahap-selanjutnya-adalah-perhatikan-pada-tulisan-clear-ink-counter-Absorber
  • Lalu perhatikan tepat di bawahnya langsung yang bertuliskan “ink absorber counter (Absorber) dan pilih “Main” yang berada tepat di sampingnya dan klik “Set”.
  • Langkah selanjutnya Anda harus mengklik tombol “EEOPROM” yang berada di bagian atas Service Tools v3400. Setelah mengklik tombol tersebut, maka secara otomatis printer akan mencetak selembar kertas.Langkah-selanjutnya-Anda-harus-mengklik-tombol-EEOPROM-yang-berada-di-bagian-atas-Service-Tools-v3400.-Setelah-mengklik-tombol-tersebut
  • Jika semua proses dan tahapan sudah berhasil, langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah merestart kembali PC atau laptop dan printer. Tujuannya agar sistem bisa bekerja kembali dari awal dan lebih fresh.

 

Ternyata cara mengatasi error 5B00 Printer Canon IP2770 sangat mudah sekali. Anda pasti bisa melakukannya sendiri di rumah. Sehingga tidak perlu khawatir lagi jika printer Canon Anda mengalami masalah yang sama di kemudian hari.

 

 

Baca Juga :